SEKILAS INFO
20-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / Ngalap Berkah Poro Muassis Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum   –   Dibuka PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 mulai 03 Januari 2023 – 15 April 2024
7
Apr 2023
0
Kuota PPDB Dibatasi, MTs Bahrul Ulum Ingin Peserta Didik Dapat Perhatian Serius

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum (MTs BU) Tambakberas, Kabupaten Jombang belum ditutup. PPDB resmi dibuka sejak 1 Februari 2023 hingga 30 Juni 2023 mendatang. Tentu masih ruang atau kesempatan bagi para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di MTs BU.


Penerimaan peserta didik baru di MTs BU saat ini dibatasi. Madrasah yang berada tepat di depan gapura Pondok Pesantren Bahrul Ulum ini lebih menekankan pada aspek kemaksimalan fungsi proses belajar dan mengajar. Karenanya, bukan kuantitas yang dikejar, melainkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik.


“Kita membuka PPDB secara online maupun offline ini bertujuan memudahkan calon peserta didik untuk mendaftar di madrasah,” kata Kepala MTs Bahrul Ulum, H AR Jauharuddin Alfatich, Selasa (4/4/2023).


Dijelaskan, MTs BU membuka PPDB tahun ini hanya untuk 120 calon peserta didik baru. Karena itu, meski tempo yang diberikan madrasah masih cukup panjang, tapi sewaktu-waktu bisa ditutup setelah kuota tersebut penuh.


Pria yang kerap disapa Gus Rudin ini menyampaikan bahwa tantangan pendidikan ke depan makin besar. Lembaga pendidikan harus menyadari hal itu. Guna menjawab tantangan tersebut, tidak ada pilihan lain, kecuali sekolah atau madrasah harus terus berbenah.


Ia menyebut, setiap lembaga pendidikan punya pilihan-pilihan untuk memberikan dan menjamin kualitas pendidikan peserta didiknya. Termasuk MTs Bahrul Ulum Tambakberas, yang salah satunya diwujudkan dengan membatasi kuota peserta didik. Sehingga komposisi guru dan peserta didik mendapat perhatian serius, dan setiap guru dapat mengenal serta menjangkau peserta didik dengan baik dan utuh.


Gus Rudin menyebut, tren MTs Bahrul Ulum dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para orang tua memilih dan mempercayakan MTs Bahrul Ulum sebagai wadah yang tepat bagi anak-anaknya dalam menempuh pendidikannya.


Anak didik MTs Bahrul Ulum disiapkan menjadi generasi bangsa yang unggul. Pasalnya, siswa mampu siswa tidak saja diarahkan menguasai pengetahuan umum, tetapi juga pemahaman agama yang terus menjiwai kepribadian peserta didik. Keduanya terus berjalan dengan baik


Dalam aspek agama misalnya, siswa-siswi MTs Bahrul Ulum dibiasakan shalat dhuha berjamaah, membaca amalan doa-doa, mengamalkan Rotib Syaikhona Cholil Bangkalan, dan seterusnya.


Pada aspek yang lain, MTs Bahrul Ulum juga cukup memperhatikan, seperti pengembangan berbagai bakat dan minat siswa dan siswi. MTs Bahrul Ulum telah menyiapkan tenaga pembimbing yang kreatif sesuai bidangnya, sehingga bakat peserta didik terus berkembang.

Data Sekolah

MTs Bahrul Ulum Tambakberas

NPSN : 20582342

Jalan KH Abdul Wahab Chasbullah no. 194
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61419