Laga Istimewa, Liga Santri dikomentator kondang, Bung Jebret

MTs Bahrul Ulum, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Dudung Abdurrachman resmi membuka liga santri piala KASAD 2022 di stadion Jombang, Jawa Timur, Senin (20/6/2022)

Pembukaan juga dihadiri oleh Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Kick Off Liga Santri secara virtual Vicon diikuti seluruh jajaran satuan Kodim, Korem dan Kodam se-Indonesia

“Liga Santri 2022 ini pertama kali digelar. Dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sedangkan pembukaannya di Stadion Merdeka Jombang,” jelas Jendral Dudung.

Ia menjelaskan, liga santri tahun ini diikuti sebanyak 1.511 tim sepak bola dari pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Babak penyisihan 1.511 tim itu dilaksanakan di masing-masing kota/kabupaten.

Pertandingan liga santri tahun 2022 akan di awali dari pertandingan di tingkat Kabupaten/Kota dari tanggal 20 Juni sampai 30 Juli 2022. Kemudian pertandingan tingkat Provinsi dari tanggal 07 Agustus-23 September 2022, serta pertandingan tingkat Nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari Provinsi pada 25 September-22 Oktober 2022.

“Setelah penyisihan, finalnya dilakukan bertepatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2022 di GBK (Gelora Bung Karno) Jakarta. Isnya Allah disaksikan secara langsung oleh Bapak Presiden,” katanya.

Dalam pembukaan tersebut, ribuan penonton memadati Stadion Merdeka Jombang Jawa Timur. Acara tersebut juga disuguhi atraksi yang mendebarkan. Di antaranya manuver tiga pesawat di atas stadion, kemudian paramotor serta drum band dari Taruna Akmil Magelang.

“Ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menciptakan generasi unggul dengan melakukan kegiatan sepak bola,” katanya

Laga PP. Bahrul Ulum melawan PP Tebuireng

Pembukaan liga santri Piala KASAD 2022 dimulai ketika Jendral Dudung menendang bola di tengah lapangan. Sesaat kemudian dilangsungkan pertandingan antara Pondok Pesantren Tebuireng melawan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Kick off babak pertama dalam liga santri dimulai usai pembukaan, sekitar pukul 15.00 WIB. Permainan disaksikan langsung oleh KSAD dan juga pejabat nasional lainnya.

Sebagai laga pembuka, tim PP Tebuireng beradu strategi dengan PP Bahrul Ulum Tambakberas. Yang istimewa, laga pertama ini dikomentatori oleh komentator kondang, Valentino Simanjuntak atau yang akrab disapa Bung Jebret.

Para supporter dari barisan santri dan masyarakat umum pun tak henti-hentinya menyemangati dua tim tersebut. Bentuk support dikumandangkan. Dari doa, nyanyian hingga sorakan serta spanduk-spanduk dikibarkan berharap tim pujaannya mampu merebut skor.

Di babak pertama, pertahanan PP Tebuireng tak bisa menahan serangan-serangan PP Bahrul Ulum yang sangat mengecoh, tentu sudah bisa dipastikan, Rizal Maulana akhirnya mencetak gol indah.

Pada waktu istirahat babak pertama, para TNI memberikan selingan melakukan senam ayo ngopi di tengah lapangan. Berharap, dapat memberikan semangat kepada semua penonton dan pemain meski diguyur hujan lebat.

Setelahnya, dilanjutkan dengan lomba tendangan gol oleh 10 perwakilan PP se Jombang, yang berhadiah 10 unit sepeda.

Dilanjutkan kick off babak kedua. Lagi-lagi, pertahanan PP Tebuireng jebol oleh PP Bahrul Ulum, mengakibatkan gol terjadi berulang oleh Nasrul dan akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 3:0.

h

Subscribe to Our Newsletter

Stay in the Loop!