SEKILAS INFO
13-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Ngalap Berkah Poro Muassis Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum   –   Dibuka PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 mulai 03 Januari 2023 – 15 April 2024
6
Agu 2023
0
Latih Berdemokrasi Sejak Dini, Pemilihan Ketua OSIM Lewat Sistem Pemilu

Jombang, Ratusan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Bahrul ‘Ulum (MTs.BU) Tambakberas Jombang mengelar pemilihan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) ala demokrasi, Kamis (3/8). Hal ini sistem yang digunakan layaknya pemilihan umum (Pemilu) pada umumnya. Hal ini ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi bagi para siswa.

Pelatihan dan pendidikan pemilih perlu dikenalkan kepada kalangan pelajar. Tujuannya, agar mereka mengerti dan memahami salah satu tata cara berdemokrasi.

“Proses pemilihan seperti pemilihan umum di mana setiap peserta didik memiliki suara untuk menentukan calon ketua OSIM dengan mencoblos salah satu calon kandidat dalam surat suara. Setelah pencoblosan, surat suara dimasukkan dalam kotak suara yang sudah kami siapkan,” kata Pembina OSIM, Miftakhul Ni’mah, Minggu (6/8/2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan, dibuat sama persis dengan Pemilihan Umum yang ada di masyarakat. Mulai dari daftar pemilih yang hadir sampai pada celup tinta sebagai tanda sudah memilih calon ketua OSIM.

Kegiatan diawali dengan orasi visi-misi para calon ketua. Hal ini melatih keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat serta menumbuhkan mental percaya diri siswa. Secara bergantian, para kandidat calon ketua OSIM memberikan gagasannya untuk mendukung kegiatan-kegiatan di madrasah.

Menurutnya, jiwa kepemimpinan perlu ditumbuhkan sejak berada di bangku madrasah. Sebab, peserta didik ini merupakan aset masa depan yang perlu dibentuk menjadi calon pemimpin bangsa. Dalam berorganisasi, peserta didik akan dilatih bagaimana bertanggung jawab, disiplin dan melatih percaya diri untuk menyampaikan pendapat.

Sementara Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Hj. Evi Fitriah, menjelaskan pemilihan ketua OSIM ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran tentang demokrasi.

“Peserta didik bisa belajar memilih pemimpinnya dengan demokratis,” katanya

Data Sekolah

MTs Bahrul Ulum Tambakberas

NPSN : 20582342

Jalan KH Abdul Wahab Chasbullah no. 194
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61419