SEKILAS INFO
13-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Ngalap Berkah Poro Muassis Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum   –   Dibuka PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 mulai 03 Januari 2023 – 15 April 2024
24
Jan 2024
0
Kenapa Harus Milih Madrasah MTs Bahrul Ulum Tambakberas ?

Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Tambakberas yang terletak di gerbang utama Pondok Pesantren Bahrul Ulum ini memiliki keunikan dalam mendidik para peserta didiknya sehingga menjadikan lulusan yang di minati semua kalangan di jenjang selanjutnya yaitu (MA).

Madrasah yang berumur puluhan tahun ini memiliki gedung yang luar biasa sehingga dalam proses pembelajaran di kelas itu lebih menarik bagi peserta didiknya. Madrasah yang berani bersaing dengan madrasah yang lain ini memiliki beragam pengembangan bagi peserta didik misalnya Voly, Pencak Silat, Pramuka, Banjari, Futsal.

Ini menjadikan peserta didiknya minat bakatnya bisa berkembang sehingga ketika di jenjang selanjutnya peserta didik hanya meneruskan apa yang dilakukan sebelumnya.

Tak hanya itu, madrasah kami juga mempunyai kegiatan – kegiatan salah satunya amalan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan dan juga sudah mendapatkan ijazah langsung dari keluarga besar syaikhona Kholil Bangkalan.

Rotib Syaikhona Muhammad Kholil ini merupakan rotib asli yang disusun oleh ulama asal Bangkalan, Madura itu. Syaikhona Muhammad Kholil merupakan penentu berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Dalam sejarah, Syaikhona Muhammad Kholil mengamini inisiasi Mbah Wahab Chasbullah dan Mbah Hasyim serta ulama yang lain untuk mendirikan NU. Hal ini ditandai saat Syaikhona Kholil memerintah KH Hasyim As’ary (Mbah Hasyim) melalui KH As’ad Syamsul Arifin untuk segera membentuk wadah bagi para ulama di Indonesia yaitu dengan berdirinya NU.

Kita melihat bagaimana Syaikhona Muhammad Kholil berjuang untuk umat dan kami ingin tabarrukan, ngalap berkah dengan cara bisa mengamalkan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil di madrasah kami. Pembacaan Rotib Syaikhona Muhammad Kholil ini akan menjadikan program di MTs BU di setiap Senin, hari kelahiran Syaikhona Muhammad Kholil itu sendiri.

Ada juga kegiatan yang lain diantaranya pembacaan Yasin, waqi’ah, tahlil, sholat Dhuha. Semua kegiatan itu dipimpin peserta didik sendiri sehingga mental peserta didik akan diuji sehingga ketika pulang dari madrasah atau pondok pesantren sudah siap pimpin di masyarakat.

Ada yang menarik lagi adalah Madrasah mempunyai program unggulan, salah satunya mengirim peserta didik menjadi bilal shalat Jumat. Madrasah ini diketahui sudah cukup lama menerjunkan anak didiknya untuk menjadi bilal shalat Jumat di sejumlah masjid yang berada di Kabupaten Jombang.

Ini pentingnya peserta didik terjun langsung di tengah masyarakat mengaktualisasikan potensinya, khususnya dalam kompetensi keagamaan. Karena dengan begitu, peserta didik akan mendapatkan pengalaman nyata.

Para peserta didik MTs Bahrul Ulum telah memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide-ide dalam pikiran mereka. Namun, kemampuan itu terkadang buyar manakala mereka harus menyampaikan ide-ide tersebut di hadapan orang banyak. Melalui program ini peserta didik akan ditempa dengan baik.

Pada tahun 2024-2025 Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum (MTs BU) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara resmi dimulai 03 Januari 2024 hingga 15 April mendatang pada gelombang 1.

Madrasah kami selalu menjaga kuantitas peserta didik memang penting, tapi yang jauh lebih penting adalah memberikan kualitas pendidikan untuk peserta didik itu sendiri. Dan ini yang menjadi komitmen MTs BU sampai sekarang.

Dalam kuota PPDB tahun ini dibatasi hanya 150 kursi. Hal ini untuk menjamin kualitas pengajaran terhadap peserta didik tetap terjaga dengan baik. Komposisi guru dan peserta didik mendapat perhatian serius, sehingga setiap guru dapat mengenal dan menjangkau siswa-siswi dengan baik dan utuh.

Calon peserta didik baru dapat mendaftar secara online maupun offline yang bisa diakses melalui web PPDB MTs Bahrul Ulum Tambakberas

MTs Bahrul Ulum memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan sekolah lainnya, yaitu kultur pesantren yang kuat, muatan kurikulum yang cukup progresif dan unik, serta nuansa kekeluargaan yang tinggi, sehingga siswa-siswi merasa nyaman berada di dalamnya, meski berasal dari berbagai macam latar belakang keluarga.

Informasi PPDB bisa hubungi :

Bapak Musyafa’ : 022-5753-4462

Bapak Rojikin : 0856-4573-2714

Ibu Yuni : 0815-5665-1737

Pendaftaran PPDB Online :

https://s.id/pendaftaranPPDBmtsbutambakberas

BROSUR PPDB

Data Sekolah

MTs Bahrul Ulum Tambakberas

NPSN : 20582342

Jalan KH Abdul Wahab Chasbullah no. 194
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61419